and the Best Potluck MPID 2010 goes to… My Cheese Cake!! :)))

Syenangnya pas buka empe di siang hari tadi, ternyata bolu keju saya dinobatkan jadi The Best Potluck oleh ibu presiden kita di postingan yang ini! ;))
Makasih semuanyaaahh!!

ini dia bolu keju-nya

Nama bolu keju ini adalah Asian Cheese Cake.. Resepnya saya dapet waktu ikut kursus bikin kue di suatu toko kue di bogor.. Bolu keju ini emang andalan saya.. Kalo ada pesenan kue ultah pasti saya bikin bolu keju ini buat base cake-nya.. Sumpah deh cake ini enak bangett, kejunya brasaa banget dan lembut tekstur kuenya! Bikinnya juga gampang banget, semua bahan tinggal dicampur dan di kocok.. trus voilaa jadi deh!
Sebenernya pas malem2 bikin kue ini, saya keabisan cheese cream ini, jadi tinggal sisa buat satu loyang, padahal saya kan janjinya mau bikin 2 loyang.. Gak mungkin doong saya malem2 ke bogor (fyi, saya tinggal di depok) buat beli cheese cream ini! btw saya taunya cream cheese ini cuma ada di toko kue di Bogor, trus itu juga kadang2 kosong, gak ada stok.

Jadi deh saya bingung mau bikin satu loyang aja atau 2 loyang tapi nanti gak tebel kuenya.. akhirnya saya pilih bikin 2 loyang aja (coz dah janji, ingat janji itu utang saudara-saudara!! ;))
Akhirnya jam 2 pagi slesei juga kue ini di taburi keju (yup, bener saya bikin sampe jam 2 pagi, coz saya ketiduran jam 10 malem pas habis manggang trus bangun lagi jam 1 malem, buat bikin butter cream ma marut keju)..

Trus ini dia Resepnya:
5 butir telur utuh
3 butir kuning telur
150 g tepung
150 g gula halus
30 g susu bubuk
20 g ovalet
4 g baking powder
30 ml cake softener
50 g butter
200 g Cheese Cream (bedakan sama cream cheese yah. Cream cheese warnanya putih dan biasanya untuk cheese cake yang dibuat au bien marrie, kalau cheese cream warnanya kuning muda spt warna keju dan bentuknya seperti pasta.. btw susah nih nyarinya, saya cuma nemu di toko bahan kue di bogor! jadi kalo mau bikin harus ke Bogor duluu!! huhuhu dah gitu masa kadaluarsa-nya cepet pula, jadi gak bisa nyetok banyak2)

Cara Membuat:
1. Lelehkan butter, masukan calf cheese cream. Aduk rata. Sisihkan
2. Campur semua bahan (kecuali campuran butter dan cheese cream), masukan dalam wadah, mixer kecepatan tinggi selama 10 menit sampai mengembang
3. Masukan campuran butter+cheese cream kedalam adonan, kocok mixer kecepatan sedang sampai rata
4. Tuang dalam loyang yang sudah disemir margarine+tepung (alasnya aja yah).
5. Masukan ke dalam oven suhu 180 derajat, selama 25 menit (tergantung oven masing-masing)

Untuk toping, terserah mau pake atau engga, gak pake toping juga dah enak koq. Ini resep topingnya
1. Butter cream
1 kg mentega putih
500 g hollman soft cream
1 klg susu kental manis
600 ml simple syrup
Cara: Kocok semua bahan sampai lembut.. kemudian oles diatas kue.
Btw gara2 bikin butter cream ini, mixer saya jadi rusak!;(

2. Keju
200 gr keju, diparut trus ditaburi diatas kue yang sudah dioles butter cream

Kalau gak mau repot2 bikin, pesen aja sama saya!! ;)))

62 thoughts on “and the Best Potluck MPID 2010 goes to… My Cheese Cake!! :)))

  1. cambai said: epertinya uni gak sempat menyicip kue ini.. *dihabisin oleh ari kayaknya ya..:))

    aihh kesian banget..padahal kue ini langka looh.. sampe sekarang gak bisa bikin lagi coz cheese creamnya (sepertinya) udah gak diproduksi lagi coz dah 2,5 bulan menghilang dari toko! huaaa

  2. aghnellia said: sekarang gak bisa bikin lagi coz cheese creamnya (sepertinya) udah gak diproduksi lagi coz dah 2,5 bulan menghilang dari toko!

    mbaa arii.. cheese creamnya dah aku stock banyaaaak (hahah gaya padahal cuma beli dua kotak)! ntar Insya Allah aku bawa pas kopdar! :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s