Bumbu Dapur Jika si Kecil sakit

Anak anda sakit panas? minum termos es! hihihi garing *kriuk*
Ah yang namanya anak2 pasti deh sering sakit coz daya tahan tubuh anak-anak masih rentan karena masih dalam masa pertumbuhan. Kalau anak sakit terus sedikit2 dikasih obat, kesian juga anaknya di masukin racun (obat kan racun!).. Lebih baik dikasih obat tradisional aja. Anak sehat dan kantong tetap sehat coz obat tradisional kan lebih murah dan aman. Tinggal masuk dapur, terus cari deh bumbu dapur.

Banyak bumbu dapur yang bisa dipakai untuk mengobati anak sakit. Misalnya bawang merah. Bawang merah merupakan resep andalan saya kalau Aghnat sakit panas. Caranya bawang diparut, dikasih sedikit minyak telon terus dibalurkan ke badannya aghnat. Langsung turun deh panasnya. Emang sih seprei jadi bau bawang gitu, tapi gapapa lah daripada dikasih obat yang gak bagus buat tubuhnya.

Berikut sejumlah bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai obat tradisional sekaligus kegunaannya. Artikel ini saya ambil dari blognya Pak Didik Gunawan. Beliau merupakan dosen saya di UGM, dan merupakan salah satu dosen favorit saya!๐Ÿ˜‰ Silahkan dibaca. Jadi kalau tiba-tiba anak anda sakit, tidak usah resah,gak usah panik, langsung masuk dapur aja. Ubek-ubek deh tuh dapur, cari deh bumbu dapur yang cocok buat penyakit si anak. Kalau gak pernah masak trus jadi gak punya bumbu dapur, itu sih derita lo deh ! ;)))

Ini dia bumbu-bumbu dapur yang bermanfaat itu:

Bawang Merah
Untuk menurunkan demam, parut bawang merah secukupnya, balurkan di tubuh bayi/anak. Untuk borok, 3 siung bawang merah dan 2 jari rimpang kunyit dicuci, diparut, lalu dicampur dengan 2 sendok minyak kelapa baru.
Hangatkan di atas api kecil sambil diaduk. Setelah dingin, oleskan pada bagian tubuh yang sakit sebanyak 2 kali sehari. Untuk masuk angin, 8 siung bawang merah, dicuci, tumbuk halus, campur dengan air kapur sirih secukupnya. Balurkan di punggung, leher, perut dan kaki.
Bawang merah juga bisa digunakan sebagai pengganti koin uang logam untuk kerokan shg bagi bayi tidak menimbulkan rasa sakit, caranya bawang merah dibelah jadi dua dan bagian irisan itu digunakan untuk mengerok.

Jahe
Jahe mengandung gingerol, mengatasi efek keracunan pada hepar dengan jalan memperbanyak cairan empedu.
Juga mengandung oleo resin sebagai bahan baku permen jahe.
Untuk menghilangkan masuk angin, perut kembung dan kolik pada anak. Caranya, 1/4 sendok teh bubuk jahe kering dilarutkan dalam 1/2 cangkir air panas. Berikan 1-2 kali per hari sesuai umurnya.

Kunyit (kunir)
Untuk diare, 1/2 jari kunyit dan 3 lembar daun jambu biji muda segar dihaluskan, campur dengan 1/2 cangkir air, lalu diperas. Setelah disaring, diminumkan pada anak . Untuk kulit berjamur atau becak putih jamur/ruam popok karena pemakaian diapers, parut kunyit lalu oleskan.

Daun jambu Biji (jambu klutuk, jambu batu)
Untuk diare, 3 lembar daun jambu biji muda dan segar dicuci bersih, tumbuk halus, beri 1/2 cangkir air matang hangat, diperas dan diambil airnya. Beri garam secukupnya sebelum diminumkan pada anak. Air perasan diberikan pada anak sekehendaknya.

Belimbing wuluh (belimbing asam, belimbing bumbu)
Biasanya digunakan untuk obat batuk anak. Caranya, kukus (dalam panci kecil tertutup selama beberapa jam) satu genggam (sekitar 11-12 gram) bunga belimbing wuluh segar, 5 butir adas, 1 sendok makan gula batu dan 1/2 gelas air. Saring dan minumkan 2-3 kali per hari dengan dosis sesuai usia anak.

Mengkudu (pace)
Untuk meringankan perut kembung pada bayi. Caranya, panaskan daun mengkudu di atas api beberapa saat, lalu olesi minyak kelapa segar/yang baru. Tempelkan pada perut anak sewaktu hangat. Bisa diulang beberapa kali.

Kemiri
Berkhasiat menyuburkan rambut bayi. Caranya, minyak kemiri dioleskan pada kepala bayi/anak sambil dipijat perlahan setiap malam. Pagi hari rambut disampo dan dibilas dengan air hangat hingga bersih. Minyak kemiri ini lebih baik yang sudah jadi.

Air Kelapa Muda
Pilihlah kelapa muda jenis kelapa hijau. Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekehendak anak.

Brotowali (Putrawali, andawali)
Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.

Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu di-tim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt. Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas /cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali 1 sdt per hari.

Kentang
Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan parutan kentang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendinginkan.

Banglai (bengle, panglai, manglai, pandhiyang)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari, balurkan parutan banglai segal di kening dan badan anak.

Minyak zaitun
Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (cradle crap), sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala. Juga memacu pertumbuhan rambut.

Lidah buaya
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh permukaan kulit yang menderita luka bakar.

Daun pepaya.
Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas demam, beri-beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.

Temulawak (koneng gede)
Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawak 50 gram kunyit segar dikupas, iris tipis, rendam dalam 500 cc madu kapuk randu dalam toples tertutup selama 2 minggu. Setelah 2 minggu ramuan siap untuk digunakan. Aturan minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air hangat, diminum pagi dan sore.

Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.

Adas
Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atau yang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.

Tomat Buah
Daging tomat buah yang sudah ranum ketika dioleskan pada kulit balita or bayi, maka akan menghasilkan kulit yang halus ketika mereka besar nanti. Namun penggunaannya harus dicoba dulu di sebagian kecil kulit bayi, untuk meyakinkan tidak ada alergi si bayi terhadap daging buah tomat.

Pisang Ambon
Dapat digunakan untuk menghindari munculnya kejang (STEP) pada bayi or balita. Sebagai pengganti obat modern yang namanya ASPAR-K.

Madu
Sumber nutrisi yang sangat baik untuk balita.

Bayi Sembelit
Untuk mengatasi bayi yang sedang sembelit atau kesulitan B.A.B, maka carilah daun jarak pagar (Jatropha curcas), kmd dilayukan di atas lampu temple sehingga keluar minyaknya, lalu selagi hangat ditempelkan pada perut si bayi, maka dijamin tidak sampai ber-menit2 BAB-nya akan keluar.

Mimisen
Carilah daun sirih, lalu gulung (hanya digulung saja) dan masukkan ke hidung yang sedang mimisen.

Anak mengalami ketlusuben lugut /duri/fiber glass/ glass wall
Ambil sebutir bawah merah, diparo menjadi 2 bagian, lalu gosok2 kedua permukaan bekas parohan itu sampai keluar airnya, kmd dioleskan ke bagian yang ketlusuben โ€ฆโ€ฆ. Jangan kuatir, tidak akan menimbulkan rasa sakit, dan dijamin dalam waktu sebentar duri itu akan keluar sendiri.

Panu
Ambil lengkuas sebesar ibu jari, lalu iris dan permukaan irisan ditempeli-tempelkan bagian panu, maka dalam waktu sehari, panu itu akan mengelupas.

Catatan: pengobatan ini akan memberi rasa panas pada bagian panu yang dioles. Kalau anak kecil, maka permukaan irisan usaplah dengan jari basah lalu jarinya dioleskan pada panu tersebut.
Bayi nangis tak kunjung berhenti

Ambil sebutir buah pala (Myristica fragrans), lalu irislah jadi dua (akan lebih baik bila buah pala itu diparut), kemudian parutan itu disisipkan di bawah bantal si bayi, atau bgmn caranya supaya si bayi bisa mencium aroma pala itu (misalnya ditaruh di saputangan dan diciumkan ke si bayi), maka dengan aroma itu, si bayi akan tenang.
Atau dengan cara yang tidak rasional : ketika bayi rewel terus, maka periksalah tempat ari2-nya ditanam, bersihkan tempat itu dari semut or kotoran, maka otomatis tangis bayi akan berhenti.

Bedak dingin
Bedak ini bisa digunakan untuk menurunkan demam bayi, menyembuhkan alergi, gatal2. Bedak ini dibuat dari umbi Garut atau Arerut (Maranta arundinacea).

Foto diculik dari sini

27 thoughts on “Bumbu Dapur Jika si Kecil sakit

  1. mayamulyadi said: Hohoho… Belimbing wuluh dan bunganya, sirih, jahe, bawang merah, jeruk nipis adalah obat2 andalan di rumah, mba amel.Thnx infonya ya๐Ÿ™‚

    syukur deh dah pake obat tradisonal… kan mba may lagi hamil, jgn sembarangan minum obat yah!

  2. mayamulyadi said: Hohoho… Belimbing wuluh dan bunganya, sirih, jahe, bawang merah, jeruk nipis adalah obat2 andalan di rumah, mba amel.Thnx infonya ya๐Ÿ™‚

    Siapakah yg memakai brotowali buat bumbu dapur?Btw, emg enaknya P3k dulu kalo ada yg sakit. Ga lgsg ngobat.

  3. mayamulyadi said: Hohoho… Belimbing wuluh dan bunganya, sirih, jahe, bawang merah, jeruk nipis adalah obat2 andalan di rumah, mba amel.Thnx infonya ya๐Ÿ™‚

    lengkuas bukan digosok-gosok ke panu sampe keluar “getah bonteng” (getah bening dari kulit ari)

  4. mayamulyadi said: Hohoho… Belimbing wuluh dan bunganya, sirih, jahe, bawang merah, jeruk nipis adalah obat2 andalan di rumah, mba amel.Thnx infonya ya๐Ÿ™‚

    Haha…masih ingat dulu emak saya sering cekokin saya pk temulawak spy doyan makan.saya sampai nangis jejumpalitan krn ga mau haha…

  5. mayamulyadi said: Hohoho… Belimbing wuluh dan bunganya, sirih, jahe, bawang merah, jeruk nipis adalah obat2 andalan di rumah, mba amel.Thnx infonya ya๐Ÿ™‚

    Makasih ya Lia, tapi buat aku yg bawaannya males kok berasa repot banget ya musti marut2, ngeramu2 dulu.

  6. debapirez said: Haha…masih ingat dulu emak saya sering cekokin saya pk temulawak spy doyan makan.saya sampai nangis jejumpalitan krn ga mau haha…

    hihihi, aghnat dulu juga suka saya cekokin temulawak!! tapi mulutnya mingkem terus gak mau dibuka!

  7. penuhcinta said: Makasih ya Lia, tapi buat aku yg bawaannya males kok berasa repot banget ya musti marut2, ngeramu2 dulu

    @om dedy: duuh gak euy tega mencet2 idung, ntar kalo mancung gimana?? Ntar repot harus operasi plastik

  8. aghnellia said: Iya sih emang jd pada bau! Utk ngurangin baunya aku pakein minyak kayu putih. Tp emang ampuh loh! Btw madu sama pisang buat sakit panas? Gmn caranya?

    oh bukan untuk turun panas sih lia, tapi sesuai dengan yang lia tulis di postingan ini kog..:)kalau nurunin panas biasanya uni mandiin air hangat, atau kasih parasetamol jika sudah lewat 2 hari…๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s