[Lebaran] Sungkeman

Sudah menjadi tradisi di keluarga saya kalau setiap lebaran pasti si Mamah bikin ketupat, sayur labu siam, rendang serta semur lidah (tapi karena saya tidak suka lidah maka ibuku khusus membuatkan semur daging khusus untuk saya seoarang, anaknya yang paling cantiikkk! hayahay)

Jadi ketika dua tahun yang lalu saya mudik lebaran ke rumah mertua di Jogja (baru 2 tahun yang lalu saya lebaran di Jogja setelah menikah. Tahun pertama setelah menikah saya tidak mudik ke jogja karena sedang hamil besar, tahun kedua Aghnat masih kecil, jadi masih repot untuk membawanya mudik, baru kemudia tahun ketiga atau 2 tahun yang lalu, ketika Aghnat berusia 2 tahun saya bisa merasakan mudik lebaran ke Jogja) saya agak shock karena Ibu (mertua) tidak memasak ketupat beserta teman-temannya itu! huaaa

Tapi lebaran tidak sekedar makan ketupat, ada hikmah besar dibalik itu. Hari lebaran adalah hari dimana kita saling memaafkan dan kembali suci dari dosa. Di momen lebaran di Jogja ini saya pertama kali merasakan tradisi sungkeman. Awalnya saya tidak tahu bahwa ada tradisi sungkeman di keluaraga besar suami saya, karena suami saya tidak pernah bercerita tentang sungkeman ini.
Saya merasakan pengalaman yang luar biasa serta keharuan ketika sungkeman.Setelah melaksanakan sholat Idul Fitri dan kemudian bersilahturahmi kepada para tetangga, baru kemudian dimulai acara sungkeman. Acara sungkeman dilaksanakan di Masjid, karena rumah Ibu berada disamping Masjid, yang kebutulan tanah Masjid itu merupakan wakaf dari keluarga besar Bapak (mertua) saya. Acara dimulai dengan sepatah kata dari Bapak tentang makna Idul Fitri. Setelah ceramah singkat dari Bapak, kemudian acara sungkeman berlangsung dengan khidmat. Saya pun merasakan keharuan yang luar biasa karena untuk pertama kalinya saya sungkem kepada Bapak dan Ibu serta menerima sungkeman dari para adik ipar. Semoga sungkeman ini melebur semua dosa diantara kami.. Amiin


=======================================
ikutan lomba lebaran di rumah mba tintin
gambar diambil secara semena-mena dari sini

21 thoughts on “[Lebaran] Sungkeman

  1. aghnellia said: saya seoarang, anaknya yang paling cantiikkk

    biasanya orang jawa bikin ketupat tuh seminggu setelah lebaran loh, jadi lebaran ketupat di hari ketujuh, jadi hari pertama ga ada ketupat..tradisi sungkeman sudah ada di keluarga saya, abis sungkem biasanya babe kasih wejangan 7 menit doang, sampe ponakanku hitung tuh kalu mbahkungnya kelamaan ngewejang hihihi..asik ya mudik ke jogya, ketemu roy di mirota pula.. (iihh penasaran loh)makasih ya mbak sudah memeriahkan.. senang dong aghnat sekarang bisa mudik ke jogya..

  2. tintin1868 said: iasanya orang jawa bikin ketupat tuh seminggu setelah lebaran loh, jadi lebaran ketupat di hari ketujuh, jadi hari pertama ga ada ketupat..tradisi sungkeman sudah ada di keluarga saya, abis sungkem biasanya babe kasih wejangan 7 menit doang, sampe ponakanku hitung tuh kalu mbahkungnya kelamaan ngewejang hihihi..asik ya mudik ke jogya, ketemu roy di mirota pula.. (iihh penasaran loh)makasih ya mbak sudah memeriahkan.. senang dong aghnat sekarang bisa mudik ke jogya..

    engga bikin juga tuuh mbaa.. duuh mba tintin masih inget aja sama si Roy!hihihi..sory mba bikin tulisan seadanya coz buru2 nulisnya..yang penting dah meriahin aja dehh.. makasih juga mbaaa tintin..muaaah

  3. aghnellia said: engga bikin juga tuuh mbaa.. duuh mba tintin masih inget aja sama si Roy!hihihi..sory mba bikin tulisan seadanya coz buru2 nulisnya..yang penting dah meriahin aja dehh.. makasih juga mbaaa tintin..muaaah

    woaaah ga bikin ketupat waktu lebaran ketupat? keluarga semua gitu ya.. lain kali mbakamel sajalah yang bikin ketupat.. jangan2 mertuanya pengen punya mantu yang bikinin ketupat deh..

  4. tintin1868 said: woaaah ga bikin ketupat waktu lebaran ketupat? keluarga semua gitu ya.

    aku juga gak tau ada lebaran ketupat!:( besok2 kalo mudik lebaran aku bikin sendiri deh ketupatnya! ;)) btw aku kirim PM ke mba tin!🙂

  5. aghnellia said: gimana kabar cover bukunya?

    Dari masukan yang ada, mudah-mudahan kami bisa nentu’in kira-kira siapa yang bakal jadi pemenangnya dan bakal bgmn revisi yg bakal kami ajukan ke penerbit. Makasih ya, Mel buat supportnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s