Dongeng Aspendos… Ada Kuis nyaa looooh!!!

Lagi Ji For El For El...hihiihihi … Bingung nih mau ngapain lagi , kerjaan dah beres semuaah…pengen deh kabur nonton Breaking Dawn di Metrople XXI !! hayoo syapa yang mo nyulik saya nonton disana…

*prolog yang ngaco banget*

Haedeuh poto ini sebenernya dari kapan tau pengen di posting tapi suseh yaa nulis kisah perjalanan, gak kaya mba Arie yang hebad banget nulis cerita perjalanannya keliling China-Vietnam.. saya nulis se-iprit ajah gak beres-beres..

ok..here we go (sory kalau ceritanya rada meracau dan gak runut)

Kemaren pas di Antalya, Turki sempet jalan-jalan bentar ke Aspendos, sebuah rerentuhan Amphitheater peninggalan kerajaan Romawi. Saya baru tau, ternyata di Turki itu banyak sekali reruntuhan kerajaan Yunani dan Romawi kuno, bahkan lebih banyak daripada yang ada di Yunani. Selain Aspendos ada juga Perge, Side, Termesos, Olympos, Ephesus, Myra, Khemer dan banyak lagi (*males gugel…tolong para turkiyem bisa sebutin gak yang laennya?*)

Beruntungnya saya pas kesana dapet guide yang super ganteng, namanya Omer Alp Pasa, panggilannya Bang Omer!

Kenalan dulu yaah sama bang Omer … Dia lahir di Istanbul, cuma dari sejak kecil dah pindah ke Antalya. Sepertinya dia sudah nikah coz ada cincin kawin di jarinya!hiiks.

Biar lagi monyong-monyong gitu tetutep keliatan ganteng..


Pas perjalan ke Aspendos, dia nyeritain tentang Antalya .. Katanya di Antalya tuh gak pernah dapet salju pas musim dingin..Eh pernah deng sekitar 15 tahun lalu, tapi itu juga cuma nyangsang di Gunung Taurus.. Awalnya Antalya itu disebut kota "lelaki" coz kebanyakan lelaki yang tinggal disana, tapi kemudian dikirimlah perempuan ke Antalaya dan dengan adanya perempuan itu malah bikin kota Antalya jadi berkembang terutama pariwisatanya! *Hidup Perempuaaan*… Di Antalya juga terkenal sama buah-buahan yang segar-segar, terutama buah jeruk nyaa! (Etapi pas di hotel nyobain buah jeruknya ternyata asyem tenan! ). Pertanian di Antalya juga berkembang pesat karena dengan banyaknya sistem pengairan yang disebut Aquaduct. Antalya ini cuma rame pas summer doang, di luar summer Antalya sepii ..wong aku pas summer kesana aja ramenya cuman di pantai nya aja sama daerah wisatanya.. Ditengah kotanya mah sepiii banget, gak ada orang sebiji pun.. itu ajah summer yah yang katanya rame, apalagi kalau bukan summer, mungkin kaya kota hantu!

Akhirnya gak kerasa sampailah kami serombongan (rombongan kami ada 10 orang dari Thailand namanya Jutarmas dan temannya, umurnya masih muda tapi sudah S3, trus ada Om Roberto dari Brazil, dan tante Marina peneliti dari Italia besama teman-temannya) di Aspendos. Woow ternyata keren sekali, saya serasa di Colloseum Roma.. Dari Bang Omer pula saya tau bedanya antara Colloseum sama Amphitheater, kalau Colloseum bentuknya lingkaran, sedangkan Ampitheater bentuknya setengah lingkaran, meskipun fungsinya hampir sama yaitu sebagai ajang pertandingan gladiator

Aspendos tampak atas…. gambar nyulik dari gugel

Ternyata ada dongeng dibalik pembuatan Aspendos ini..Kata Bang Omer pada jaman dahulu kala ada seorang putri..eh raja. nah Raja ini mau nikahin putrinya yang cantik jelita (seperti sayaah….Bletaaaak!! Wadaw sapa tuh yang lempar bakiak??!) , maka dibikinlah sayembara. Karena raja ini cinta rakyatnya, maka sayembara ini bukan siapa yang bisa bikin seribu candi dalam semalam, atau yang transfer uang paling banyak ke rekening bank nya, tapi siapa yang bisa bikin sesuatu (Alhamdulillah yaa..) bangunan yang bisa mensejahterakan rakyatnya maka dia lah yang dipilih jadi suami putrinya… Duuh raja nya wise banget yaaa.. Andai presiden kita seperti ituu yaah, bukan malah ngabis-ngabisin duit buat kawinan anaknya bermilyar-milyar rupiah!

Maka berbondong bondonglah para pria tampan ( yang pasti bukan debapirez), membuat bangunan. Akhirnya terpilihlah seorang pria yang membuat Aquaduct, karena menurut raja Aquaduct itu penting buat pengairan tanah pertanian rakyatnya sehingga lebih subur.. Bagi yang belum tau Aquaduct, nih penampakannya

Ini namanya Aquaduct.. gambarnya seperti biasa nyulik dari gugel


Etapi pas mau diumumin pemenang sayembaranya di sebuah bangunan Ampitheater, sang raja mendengar ada suara bisikan lirih lelaki …."semoga sang putri menjadi istriku". Raja pun kaget, siapa lelaki yang berbisik seperti itu…klau berani jangan begindang doong, sini ngomong langsung sama eykee* ini Raja Romawi atau Raja taman lawang siih

Akhirnya ketemu deh lelaki itu, ternyata dia berbisik nun jauh diujung bangunan Ampitheater dan dia lah pembuat bangunan Amphitheater tersebut.. Raja pun tambah kaget, kenapa suara bisikan itu bisa sampai di telinganya dan berkesimpulan berarti kualitas audio bangunan ini bagus sekali sehingga suara bisikan pun bisa terdengar sampai jauh. Sang raja kemudian menjadi bingung menentukan siapa yang dipilih untuk calon suami putrinya, antara si pria pembuat Aquaduct dengan sang pria pembuat Amphitheater. Akhirnya diputuskan, sang Raja akan memotong menjadi dua putri nya itu menjadi dua belahan, belahan sebelah kiri untuk Aquaduct, belahan putri sebelah kanan untuk Amphitheater. Lelaki pembuat Ampitheater pun kaget, masa sang putri mau dibelah jadi dua.. Akhirnya dia bilang sama sang Raja, biarlah sang putri menikah sama pria Aquaduct, karena dia tidak tega sang putri yang sangat di cintainya di belah menjadi dua…


Akhirnya dengan siapa putri raja itu menikah dan apa alasannya?!! *yang jawab bener dapet tempelan magnet kulkas dari Turki*

Hayooo buruuan jawaaab
























106 thoughts on “Dongeng Aspendos… Ada Kuis nyaa looooh!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s