Ngangon Aghnat Mandi Air Panas

Minggu kemaren ngangon Aghnat sama para ponakan ke Gunung SalaK Endah, Bogor.. Rencana nya sih mau berangkat subuh-subuh biar jalanan masih sepi dan adem… eh dasar emak-emak ribet, mesti nyiapin semua keperluan piknik, baru bisa jalan jam enam-an, itu juga mesti jemput teteh nida dulu ke rumahnya coz dia ternyata gak jadi nginep di rumah enin..


Karna anak-anak blum makan, mampirlah kita ber-enam (aku, abi, aghnat, nida, ajay dan didat) ke Bubur Ayam Kabita, di gunung batu buat sarapan.. Semua lahap makan bubur..terutama akuuuu! hihihi *dasar gembul* Tapi emang enak banget loh bubur ayam kabita, lapaknya slalu penuh..apalagi kalo dateng rada siangan bakalan gak kebagian tempat..Tapi Aghnat susah makannya, jadi mesti dibujuk-bujuk dulu biar mau makan!


Ternyata kawasan Gunung Salak Endah cukup jauh juga yaah.. di jalan anak-anak dah tereak-tereak kapan nyampenya! huhuuhuu.. Padahal dulu Aghnat pernah diajak kesana, tapi lewat jalan blusuk-blusuk, jadi mungkin gak berasa jauh.. dulu kita ke Curug Seribu.. Wuih mantep bener deh kesana.. Jadi tuh yah, pas pulang dari sana kaki gempor dan betis membengkak segede tales gegera naik turun tangga yang jumlahnya mungkin ada seribu saking banyaknya..makanya disebut Curug Seribu! Tapii air terjun di Curug Seribu emang kereeen banget dah!

Akhirnya jam 8 sampelah kami di pintu gerbang kawasan Gunung Salak Endah. Gunung Salak Endah merupakan kawasan wisata Taman Nasional Halimun Salak.. Di kawasan itu terdapat hutan pinus dan rasamala milik perhutani.. Makanya memasuki kawasan ini udara terasa sejuuk sekali. Memasuki pintu gerbang nya, kami di haruskan membayar Rp. 3500/ orang dewasa dan Rp.2500 untuk anak-anak, sedangkan kendaraan roda 4 membayar Rp.6000. Tapi tiket itu cuma masuk kawasannya saja, kalau mau masuk ke sejumlah curug, harus bayar tiket lagi sebesar Rp. 4000 untuk dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak.
Di kawasan ini banyak terdapat Curug atau air terjun. Ada Curug Cigamea, Curuq Pangeran, Curug Ngumpet, Curug Cihurang, dan Curug Seribu. Selain itu ada juga Kawah Ratu serta Pemandian Air Panas Ciparay..

Karena kami belum tau letak pemandian air panas maka bertanyalah kami ke petugas dimana letaknya dan berapa lama jaraknya dari pintu gerbang.. Katanya sih cuma 3 km saja! Tapiii.. ternyata setlah 3 km, belum nyampe-nyampe jugaa..Bolak-balik si Abi nanyain ke orang lewat dimana pemandian air panas itu.. Akhirnya setelah 6 km, sampelah kami di gerbang pemandian air panas dengan disambut 2 monyet lincah.. Disana kami harus bayar tiket masuk dan menuju tempat wisata air panas Ciparay

Selepas gerbang, terbentanglah jalan setapak yang dilanjutkan dengan 200 ratusan anak tangga menurun dan disuguhi pemandangan hutan yang menghijau.. Aghnat seneng banget lari-larian dan menuruni tangga.. Huaa ..perginya sih asik, pulangnya pasti ngos-ngosan naik ratusan tangga ituu..



Kondisi jalan setapak selebar dua meter itu cukup bagus, tetapi pengunjung tetap harus berhati-hati karena tebingnya cukup curam dan berbelok-belok, di sisi kiri terdapat jurang. Apalagi pagar besi untuk berpegangan tidak tepat berada di sisi jalan setapak tersebut. Dengan demikian, agak sulit untuk diandalkan oleh para pengunjung untuk jadi alat berpegangan saat menapaki jalan itu




Akhirnya setelah 15 menit sampailah kami di pemandian.. Saya sudah membayangkan pemandiannya sangat bagus dan jernih.. ternyataaa.. kolam pemandiannya agak kotor dan tidak terawat. Apa karena itu air belerang, jadi airnya terlihat butek dan tidak jernih.. Jadi kami cuma sebentar di kolam itu, dan pindah ke sungai saja yang airnya terlihat lebih jernih.



Anak-anak lebih seneng maen disungai!!
Tapi sebelum maen di sungai Aghnat

ngegambar duluuu.. Aghnat emang lagi seneng-senengnya ngegambar.. dimana-mana dia ngegambar..sampe lantai dirumah dijadiin kanvasnya!๐Ÿ™‚ Setelah puas ngegambar baru deh Aghnat terjun ke sungai bareng sepupu-sepupunya. Aghnat cuma maen dipinggir saja, karna airnya lumayan deras. Bahkan ada seorang ibu-ibu yang terseret di sungai. Untungnya ibu itu selamat karena dia sempet pegangan pada batu..kalu tidak..wuih! gak sanggup bayangin deh..




















132 thoughts on “Ngangon Aghnat Mandi Air Panas

  1. sarahutami said: Kalo saya nyuruh anak makan, dibujuk ina-inu gak mempan, akhirnya pake ancaman, "mau dihukum/dikurung?" Akhirnya mau deh. Bener-bener ibu kejam.

    waduuuh serim amat pake diancem *ngomong sama diri sendiri*

  2. iahsunshine28 said: klo batunya gak terlalu besar di tengah, mungkin bisa buat arung jeram ya๐Ÿ™‚

    iyaa..batunya kebanyakan dan airnya juga gak deras banget jadi kalo buat arung jeram bakalnya nabrak mulu kena batu gak jalan-jalan perahunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s