Serunya Main ke Rumah Keramik F Widayanto

Sebenernya dah sering banget nih saya lewatin Rumah Keramik F.Widayanto  di Jalan Curug Agung, Tanah Baru-Depok, secara cuman selemparan kolor doang dari rumah,..tapi gak pernah jadi mulu maen kesana! Padahal kalo maen momotoran tiap sabtu-minggu pagi buat blusukan Depok sering banget deh kita lewatin.. tapi ya cuma sekedar ngelewatin doang gak pernah belok mampir.

Sering sih bilang ke si Abi..”Ayo bi, mampir kesitu”… tapi si Abi cuman bilang ” ntar aja Bun kalau jalannya dah bagus, kita maen kesini nya mesti pake mobil nih  coz kayaknya tempatnya keliatan mahal! hahahahha..  halah si abi pencitraan benuer yah, masa mesti pake mobil, padahal kan jalanan di depan Rumah Keramik itu zuper banget ancur nya! Kalah deh kubangan kerbau!

Emang  dulu  jalan Tanah Baru, terutama pas didepan  Rumah Keramik itu ancur nya gak kira-kira! Depok tuh yee (terutama di daerah Tanah Baru) buanyaak banget jalan ancur gak dibetulin .. Surga banget deh buat yang  demen off road, gak usah lah jauh-jaauh ke jalan lintas Sumatera, off road aja di Depok dah!Kalau jalan belusukan gitu banyak nemu jalan ancur dengan lobang menganga disana sini..malah ada yang gak keliatan lagi aspalnya, cuma tinggal sisa tanah berlumpur yang licin banjet kalau ujan! *halao apakabar walikota Depok!

Etapi akhirnya pas awal Oktober, jalan curug Agung dah selesei di beton, jadi muluus. Pasti ada yang pencitraan niih, coz dipinggir jalan ada beberapa spanduk gede , isinya ucapan TERIMAKASIH buat ibu Dra.xxx (dan sejembreng gelar dibelakang namanya), anggota DPRD Depok, dengan logo partai XYZ dan FOTO diri nya!! entah itu beneran warga yang bikin atau si ibu partai itu yang inisiatif bikin sendiri buat kampanye! entahlah..

Jadi mumpung jalannya masih mulus (coz biasanya kalau proyek pencitraan mau pemilu, jalan-jalan banyak diperbaiki, eh pas selesei pemilunya, jalanan langsung deh  ancur lagi! ), yiuks kita meluncur kesana!

Tampak dari luar Rumah Keramik Tanah baru itu sangat asri sekali..dan memang benar, ketika masuk kedalam saya langsung terperangah dengan keasrian nya..Banyak pohon besar dan taman-taman yang ditata dengan cantik! Duuh betah banget deh maen disini! Adeeem banget! Ada penginapannya pula looh! Cantik banget deh rumah penginapannya, kata satpam nya sih, rate penginapannya antar 650rb-1 juta/malem.

Asri bangeet yaaah..betah deh seharian maen disini

Eh terus mahal gak sih masuk kesini.. Uhm ternyata engga kooq.. tiket masuknya cuman 10rb aja,  itupun udah termasuk  guide yang nganterin kita keliling Rumah Keramik dan tiketnya itu bisa dipake buat potongan harga (seharga tiket)  kalau kita makan di resto (minimal 10orb) atau ikut workshop keramik. Jadi itungannya malah  gratis kaan!

Naah yang mahal itu ikut workshop keramiknya.. Untuk ikut workshop keramik, kita mesti bayar 110 rb ( dipotong tiket 10rb, jadi cuma bayar 100rb) untuk 400 gr tanah lempung (clay)..mayan mahal siih.  Kalau rombongan bisa ikut paket nya, jadi  ikut workshop bikin keramik sekaligus dapet makan siang, snack sama minuman.. harga paket untuk dewasa 240rb dan anak-anak (dibawah 10 tahun) 150 rb! Ada juga paket khusus wiskul (cuman makan doang di restonya, gak ikut workshop keramik), bayarnya 175rb untuk dewasa dan anak-anak 135 rb. Tapi menurut saya si gak usah deh ikut paket, malah lebih mahal cuuy! Clay 400 gr itu bisa dipake bareng-bareng aja dan makanan di restonya gak mahal-mahal banget kooq..saya bertiga sama si abi dan aghnat aja cuman abis 85rb aja (kita makan  nasi goreng, pepes nasi, pisang pasir, serabi,singkong keju sama minum  bandrek).  Harga makanannya reasonable banget, dan rasanya juga juara!

Demi anak, saya rela deh bayar 100 ribu buat Aghnat belajar bikin keramik, lagian saya juga bisa ikutan doongs blajar bikin keramik! Clay 400 gr itu terserah mau dibikin apa aja dan bisa dipake bareng-bareng, yang penting clay itu abis dan gak boleh nambah!

Etapi jangan ngebayangin bikin keramiknya kaya adegan pelem Ghost yaa, masih inget kaan pas adegan mbak Demi Moore bikin keramik sambil dipeluk dari belakang sama akang Patrick Swayze ?! (waduh ngomongin pelem Ghost..bener-bener age revealing banget niih! ;p )!

Hayoo ngacung siapa yang dulu rambutnya dipotong model demi Moore!🙂

Neeeh bukan kaya gitu, tapi bikinnya yang simple banget, cuman di cetak doang di cetakan gips! Just that simple.. Tapi kalau tetep keukeuh mau yang kaya pelem Ghost juga ada, tapi bayarnya lebih mahal ceuu.. bayar 350 rb buat 4 jam blajar..Bayar segitu bisa  dapet claynya yang lebih banyak (1,5 kg), so bisa bikin keramik yang lebih gede kaya mug, vas bunga atau mangkuk tapii sayangnya gak pake bonus peluk-peluk Patrick Swayze yaaa!🙂

Etadi siapa yah yang bilang bikin keramik dicetak di gips itu Just That Simple?! ayo ngacuung!! ..eh ternyata saya ya?! aaah #garing  #gak lucu #byaliiin #blog saya sendiri inih wweeeks…

Jadi ternyata susyah sodara-sodara..emang sih pas bikinnya mah gampil cuman diteken-teken doang, tapiii pas ngelepasiin dari cetakan itu susyeh mampus..ada teknik nya biar clay nya gampang dilepas dan bentuknya tetep bagus gak penyok-penyok. Jadi setelah clay nya ditekan di cetakan, lalu biar rapi dan rata sisa claynya dipotong pake benang, teyus buat nyopotinnya ambil sedikit clay, kemudian tempelin dipinggir cetakan, kemudian tarik deh dengan arah berlawanan! Nah nariknya itu susyeh ceu,.. Makanya saya minta tolong  buat dicopotin clay nya! Setalah dicopot,dirapiin  pinggirannya biar lebih mulus.

Bisa bikin apa aja sih clay 400 gram itu? Ternyata mayan loh bisa bikin 4 biji keramik dengan ukuran besar, sedang sampe keciil banget.. Jadi kemaren tuh aghnat bikin Angry bird, saya bikin daun yang bisa dijadiin mangkuk, dan sisa clay bisa dibikin lebah sama kupu-kupu buat hiasan mangkuk daun.

Terus setalah claynya dicetak, ternyata proses masih panjaaaaang sampai jadi keramik.. Butuh waktu 3 minggu sampai keramik itu jadi! Iiih lama banget yaah? Emang diapain aja siih sampe lama gitu?

Jadi setelah dicetak, keramik harus dijemur dulu minimal 3 hari (apalagi kalau musim ujam, bisa sampai seminggu lebih), setelah dijemur, terus diwarnai, habis diwarnai baru deh di masukin ke oven dengan suhu 1200 dercel selama 16 jam! wuidiiih lama banget yah dibakarnya! abis di bakar itu, keramik gak boleh langsung diambil, harus didinginin dulu didalam oven itu selama 16 jam lagi! Naah makanya lama banget kan.. tapi jangan kuatir semua proses itu bukan kita yang mengerjakannya, tapi petugas disana, jadi kita gak usah repot bolakbalik kesana buat ngejemur, ngewarnai dan ngebakar.. nah setalah 3 minggu, kita bisa datang lagi kesana buat keramik yang udah jadi! Kalau gak sempet ngambil juga bisa koq minta dikirim aja, nanti tinggal bilang aja kalau keramiknya  mau dikirim lewat pos aja..begicuu!

Terus sambil nunggu makanan di resto, saya maen ke Galery..Disitu dijual banyak keramik cantik. Harga keramik yang termurah 45rb dan yang termahal yang saya liat itu harganya 20 juta!! Mau tau keramik apa yang harganya 20 juta? Ternyata cuman keramik kecil bentuk babi aja  gitu! Apanya yaah yang bikin mahal, padahal ada keramik guci gede banget dengan ukiran harganya cuma 9 juta aja!

Selaen bikin keramik dan makan di resto, kita juga bisa berkeliling ke rumah sang maestro keramik F.Widayanto.. Iiihh ngiler deh liat rumahnya! Bagus banget.. Jadi pengen punya rumah asri kaya gitu.. Di rumahnya banyak dipajang benda-benda seni hasil karyanya kaya lukisan sama keramik.. Kita juga bisa masuk kedalam kamarnya yang berada di lantai 2..etapi kamar mandi di dalam kamarnya itu saluran pembuangannya gak bagus, jadi tercium bau kayak masuk WC umum di terminal gituu! *tutup idung*. sayang banget yaah, padahal kamar mandinya bagus looh, nuansa alami gitu

Kamar mandi bagus tapi bauuu

 

******

Maap poto cuman dikiiit..modem Sitra masih lemoot abis..jadi susah banget mau upload..padahal mau pamer foto saya rumah keramik yang cantik-cantik..ntar saya update deh kalau dah bisa masukin poto-poto narsis! nantikan penayangannya!!🙂

 

Edit..

Foto dah saya upload yah di sini

28 thoughts on “Serunya Main ke Rumah Keramik F Widayanto

    • iyaa yang dipajang di efbe! baguss kaan?! *kedipkedip*

      yang angry birdnya udah difoto siih tapi blum diupload di efbe

      btw emang kampungnye dimane mpok?!😛

  1. tuh kan sebener depok itu banyak yang bagus2.. deket gitu ga sempet mampir..
    eh ternyata masih bau juga ya itu toilet.. *bete.. sering daku protes tuh kenapa tempat sebagus itu toilet masih bau juga..
    mana foto hasil claynya? ku sering kesana loh.. ketemuan disana lagi yuk..

    • oow ternyata dari dulu bau yah toiletnya?! Tadi aku dah kesana lagi buat ambil keramik bikinanku 3 minggu yang lalu, Jadinya baguus looh mbak! *bangga* trus aku juga bilang sama petugasnya kalau toilet di kamar pak Widayanto itu bau, trus petugasnya bilang toiletnya dah diperbaiki sumbatannya..Dan mereka juga bilang mereka kesulitan untuk menangani masalah toilet itu.. Trus aku diminta naik ketasa, buat cek toiletnya masih bau atau engga..ternyata dah gak kecium bau lagi!

      Eh mbak tintin sering kesana?Whuua..sering bikin keramik disitu yaaah? Tadi Aghnat juga mau bikin keramik lagi disana.. Rencananya sih minggu depan pas ultah Aghnat mau balik kesana lagi! Hayo mbak Tintin kita ketemuan disana yiuks

  2. ngomong2 soal keramik, daerah saya penghasil kerajinan keramik, dulu waktu sedang berjaya malah ekspor sampai ke japan, as dll…
    pengusaha kecil banyak yang mendapat stok dr pabrik teh terkemuka…
    tapi ekarang sudah sepi industri keramik banyak yang sudah gulung tikar…

    dulu terkenal dengan keramik klampok…

    salam kunjungan sora mba..

    • iya sekarang perajin keramik dah mulai langka yaah.. Padahal keramik tuh dah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu yaah.. Bisa-bisa nanti punah tuh kalau gak ada anak muda yang mau nerusin bikin keramik..

      aku pernah denger tuh keramik klampok..

      makasi dah berkunjung

  3. Pingback: Penampakan Rumah Keramik Tanah Baru « aghnellia

  4. Etapiiiiiiiiiii……kolor siapa ituw yang dilempar ?? Aduh. Jangan lempar kolor sembarangan Mbak nti ada yang nimpuk lo :P….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s