28

Serunya Main ke Rumah Keramik F Widayanto

Sebenernya dah sering banget nih saya lewatin Rumah Keramik F.Widayanto  di Jalan Curug Agung, Tanah Baru-Depok, secara cuman selemparan kolor doang dari rumah,..tapi gak pernah jadi mulu maen kesana! Padahal kalo maen momotoran tiap sabtu-minggu pagi buat blusukan Depok sering banget deh kita lewatin.. tapi ya cuma sekedar ngelewatin doang gak pernah belok mampir.

Sering sih bilang ke si Abi..”Ayo bi, mampir kesitu”… tapi si Abi cuman bilang ” ntar aja Bun kalau jalannya dah bagus, kita maen kesini nya mesti pake mobil nih  coz kayaknya tempatnya keliatan mahal! hahahahha..  halah si abi pencitraan benuer yah, masa mesti pake mobil, padahal kan jalanan di depan Rumah Keramik itu zuper banget ancur nya! Kalah deh kubangan kerbau!

Emang  dulu  jalan Tanah Baru, terutama pas didepan  Rumah Keramik itu ancur nya gak kira-kira! Depok tuh yee (terutama di daerah Tanah Baru) buanyaak banget jalan ancur gak dibetulin .. Surga banget deh buat yang  demen off road, gak usah lah jauh-jaauh ke jalan lintas Sumatera, off road aja di Depok dah!Kalau jalan belusukan gitu banyak nemu jalan ancur dengan lobang menganga disana sini..malah ada yang gak keliatan lagi aspalnya, cuma tinggal sisa tanah berlumpur yang licin banjet kalau ujan! *halao apakabar walikota Depok!

Etapi akhirnya pas awal Oktober, jalan curug Agung dah selesei di beton, jadi muluus. Pasti ada yang pencitraan niih, coz dipinggir jalan ada beberapa spanduk gede , isinya ucapan TERIMAKASIH buat ibu Dra.xxx (dan sejembreng gelar dibelakang namanya), anggota DPRD Depok, dengan logo partai XYZ dan FOTO diri nya!! entah itu beneran warga yang bikin atau si ibu partai itu yang inisiatif bikin sendiri buat kampanye! entahlah..

Jadi mumpung jalannya masih mulus (coz biasanya kalau proyek pencitraan mau pemilu, jalan-jalan banyak diperbaiki, eh pas selesei pemilunya, jalanan langsung deh  ancur lagi! ), yiuks kita meluncur kesana!

Tampak dari luar Rumah Keramik Tanah baru itu sangat asri sekali..dan memang benar, ketika masuk kedalam saya langsung terperangah dengan keasrian nya..Banyak pohon besar dan taman-taman yang ditata dengan cantik! Duuh betah banget deh maen disini! Adeeem banget! Ada penginapannya pula looh! Cantik banget deh rumah penginapannya, kata satpam nya sih, rate penginapannya antar 650rb-1 juta/malem.

Asri bangeet yaaah..betah deh seharian maen disini

Eh terus mahal gak sih masuk kesini.. Uhm ternyata engga kooq.. tiket masuknya cuman 10rb aja,  itupun udah termasuk  guide yang nganterin kita keliling Rumah Keramik dan tiketnya itu bisa dipake buat potongan harga (seharga tiket)  kalau kita makan di resto (minimal 10orb) atau ikut workshop keramik. Jadi itungannya malah  gratis kaan!

Naah yang mahal itu ikut workshop keramiknya.. Untuk ikut workshop keramik, kita mesti bayar 110 rb ( dipotong tiket 10rb, jadi cuma bayar 100rb) untuk 400 gr tanah lempung (clay)..mayan mahal siih.  Kalau rombongan bisa ikut paket nya, jadi  ikut workshop bikin keramik sekaligus dapet makan siang, snack sama minuman.. harga paket untuk dewasa 240rb dan anak-anak (dibawah 10 tahun) 150 rb! Ada juga paket khusus wiskul (cuman makan doang di restonya, gak ikut workshop keramik), bayarnya 175rb untuk dewasa dan anak-anak 135 rb. Tapi menurut saya si gak usah deh ikut paket, malah lebih mahal cuuy! Clay 400 gr itu bisa dipake bareng-bareng aja dan makanan di restonya gak mahal-mahal banget kooq..saya bertiga sama si abi dan aghnat aja cuman abis 85rb aja (kita makan  nasi goreng, pepes nasi, pisang pasir, serabi,singkong keju sama minum  bandrek).  Harga makanannya reasonable banget, dan rasanya juga juara!

Demi anak, saya rela deh bayar 100 ribu buat Aghnat belajar bikin keramik, lagian saya juga bisa ikutan doongs blajar bikin keramik! Clay 400 gr itu terserah mau dibikin apa aja dan bisa dipake bareng-bareng, yang penting clay itu abis dan gak boleh nambah!

Etapi jangan ngebayangin bikin keramiknya kaya adegan pelem Ghost yaa, masih inget kaan pas adegan mbak Demi Moore bikin keramik sambil dipeluk dari belakang sama akang Patrick Swayze ?! (waduh ngomongin pelem Ghost..bener-bener age revealing banget niih! ;p )!

Hayoo ngacung siapa yang dulu rambutnya dipotong model demi Moore! 🙂

Neeeh bukan kaya gitu, tapi bikinnya yang simple banget, cuman di cetak doang di cetakan gips! Just that simple.. Tapi kalau tetep keukeuh mau yang kaya pelem Ghost juga ada, tapi bayarnya lebih mahal ceuu.. bayar 350 rb buat 4 jam blajar..Bayar segitu bisa  dapet claynya yang lebih banyak (1,5 kg), so bisa bikin keramik yang lebih gede kaya mug, vas bunga atau mangkuk tapii sayangnya gak pake bonus peluk-peluk Patrick Swayze yaaa! 🙂

Etadi siapa yah yang bilang bikin keramik dicetak di gips itu Just That Simple?! ayo ngacuung!! ..eh ternyata saya ya?! aaah #garing  #gak lucu #byaliiin #blog saya sendiri inih wweeeks…

Jadi ternyata susyah sodara-sodara..emang sih pas bikinnya mah gampil cuman diteken-teken doang, tapiii pas ngelepasiin dari cetakan itu susyeh mampus..ada teknik nya biar clay nya gampang dilepas dan bentuknya tetep bagus gak penyok-penyok. Jadi setelah clay nya ditekan di cetakan, lalu biar rapi dan rata sisa claynya dipotong pake benang, teyus buat nyopotinnya ambil sedikit clay, kemudian tempelin dipinggir cetakan, kemudian tarik deh dengan arah berlawanan! Nah nariknya itu susyeh ceu,.. Makanya saya minta tolong  buat dicopotin clay nya! Setalah dicopot,dirapiin  pinggirannya biar lebih mulus.

Bisa bikin apa aja sih clay 400 gram itu? Ternyata mayan loh bisa bikin 4 biji keramik dengan ukuran besar, sedang sampe keciil banget.. Jadi kemaren tuh aghnat bikin Angry bird, saya bikin daun yang bisa dijadiin mangkuk, dan sisa clay bisa dibikin lebah sama kupu-kupu buat hiasan mangkuk daun.

Terus setalah claynya dicetak, ternyata proses masih panjaaaaang sampai jadi keramik.. Butuh waktu 3 minggu sampai keramik itu jadi! Iiih lama banget yaah? Emang diapain aja siih sampe lama gitu?

Jadi setelah dicetak, keramik harus dijemur dulu minimal 3 hari (apalagi kalau musim ujam, bisa sampai seminggu lebih), setelah dijemur, terus diwarnai, habis diwarnai baru deh di masukin ke oven dengan suhu 1200 dercel selama 16 jam! wuidiiih lama banget yah dibakarnya! abis di bakar itu, keramik gak boleh langsung diambil, harus didinginin dulu didalam oven itu selama 16 jam lagi! Naah makanya lama banget kan.. tapi jangan kuatir semua proses itu bukan kita yang mengerjakannya, tapi petugas disana, jadi kita gak usah repot bolakbalik kesana buat ngejemur, ngewarnai dan ngebakar.. nah setalah 3 minggu, kita bisa datang lagi kesana buat keramik yang udah jadi! Kalau gak sempet ngambil juga bisa koq minta dikirim aja, nanti tinggal bilang aja kalau keramiknya  mau dikirim lewat pos aja..begicuu!

Terus sambil nunggu makanan di resto, saya maen ke Galery..Disitu dijual banyak keramik cantik. Harga keramik yang termurah 45rb dan yang termahal yang saya liat itu harganya 20 juta!! Mau tau keramik apa yang harganya 20 juta? Ternyata cuman keramik kecil bentuk babi aja  gitu! Apanya yaah yang bikin mahal, padahal ada keramik guci gede banget dengan ukiran harganya cuma 9 juta aja!

Selaen bikin keramik dan makan di resto, kita juga bisa berkeliling ke rumah sang maestro keramik F.Widayanto.. Iiihh ngiler deh liat rumahnya! Bagus banget.. Jadi pengen punya rumah asri kaya gitu.. Di rumahnya banyak dipajang benda-benda seni hasil karyanya kaya lukisan sama keramik.. Kita juga bisa masuk kedalam kamarnya yang berada di lantai 2..etapi kamar mandi di dalam kamarnya itu saluran pembuangannya gak bagus, jadi tercium bau kayak masuk WC umum di terminal gituu! *tutup idung*. sayang banget yaah, padahal kamar mandinya bagus looh, nuansa alami gitu

Kamar mandi bagus tapi bauuu

 

******

Maap poto cuman dikiiit..modem Sitra masih lemoot abis..jadi susah banget mau upload..padahal mau pamer foto saya rumah keramik yang cantik-cantik..ntar saya update deh kalau dah bisa masukin poto-poto narsis! nantikan penayangannya!! 🙂

 

Edit..

Foto dah saya upload yah di sini

44

Kisah Sepotong Mochi

Horee…..

Minggu kemaren saya bikin kue mochi.. Gegaranya pas hari minggu pagi kan saya jalan-jalan ke Cibodas sama Aghnat, Abi dan Fatma (adiknya si abi).. eh disana ngeliat banyak yang jual mochi.. Duh ngiler banget deh pengen makan mochi! Ya udah lah terus saya beli deh kue mochi itu 4 keranjang, harganya 12 ribu. Dah rada curiga sih pas beli, kenapa pas saya pegang koq enteng banget kaya gak ada isinya. Tapi kata adek yang jualnya, emang isinya cuma sedikit, 1 keranjang cuma isi 5 biji aja. Yo wes lah,saya bawa aja tuh mochi masuk mobil.

Pas di mobil, saya langsung buka deh secara dah ngidam berat makan kue mochi… eh pas dibuka, ampuuun deh itu buletan mochi meni segede-gede upil (bukan upil gw looh tapi upilnya emaknya rafaa! hahahaha). Jadi itu mochi meni kecil pisan, sama kelereng aja kayaknya lebih gedean kelereng deeeh, dan dalemnya gak ada isi kacang nya, dah gitu rasaanya horor banget.. kaya rasa ingus!!! hiiiy *sumpee akyu belum nyobain ingus*

Duh nyebelin banget..dah ngidam makan mochi to the max, eh akhirnya cuma nyobain ingus eh mochi rasa ingus! hiks hiks
Duh kenapa sih para pembuat mochi itu gak bikin mochi yang bener gitu (kayak Mochi Sukabumi yang rasanya enaaak banget, entah merk apa), jadi kan para pembeli gak bakal kecewa dan yang pasti bakal repeat order.. Kalau jual kayak gitu kan,saya yakin deh gak bakal deh ada yang mau beli mochi itu lagiiiiii! huh

Akhirnya sepanjang jalan saya gugling deh resep mochi sukabumi, dan berniat di rumah mau bikin ajah, daripada ngeces terus kepengen mochi tapi gak kesampean..
Sampe rumah, tadinya mau langsung bikin, tapi apa daya malah saya mual dan muntah-muntah (duuuh segitu nya gegara gak kesampean makan mochi, langsung deh dedek cacing di perut bereaksi), jadi saya gogoleran dulu di kasur sambil ileran tiduran..

Bangun tidur dah sore aja, padahal sebentar lagi Fatma dah mau pulang ke Jogja. Padahal kan dia juga kepengen nyobain mochi hasil karya saya. Ya udah deh langsung saya ke warung belanja bahan-bahan buat mochi. Bahan-bahannya sih gampang cuma tepung ketan, tepung sagu, gula sama kacang.

Dari hasil gugling di internet ternyata ada banyak cara buat bikin mochi, ada yang direbus, di kukus sama pake microve. Saya pilih yang direbus, karna kayaknya lebih simpel..
Ini dia resep kue mochi (resep nyolong dari sini)

Bahan Biang:
1 sdm tepung sagu
2 sdm air
Aduk di atas api sampai mengental

Bahan kulit:
200 gr tepung ketan (sebaiknya yang baru ditumbuk)
175 ml air
garam sesuai selera

pewarna makanan

Rebus:
75 gr gula pasir campur yang dicampur dengan 25 ml air dan bubuhi sedikit vanili. (kayaknya gulanya kurang tuh coz menurut saya kurang manis, kalo suka yang lebih manis kayak saya
, gulanya ditambahin aja yaah)

Bahan isi/filling:
100 gr kacang tanah, sangan
Gula putih atau gula merah, sesuai selera
Garam, sesuai selera
(saya pake enting-enting kacang aja, coz lebih praktis tinggal dihalusin aja enting-enting nya..belinya di Indom**et, harganya 6500)

Bahan taburan:
(Pilihan bisa bermacam-macam, sesuai selera. Bisa:
1. Tepung tapioka
2. Biji wijen yang telah disangan, atau
3. Kacang tanah yang sudah disangan lalu ditumbuk kasar
4. dll, sesuai selera
(karna pas saya cobain kulitnya kurang manis, jadi saya tabur pake enting-enting halus, trus baru kemudian di tabur lagi pakai tepung sagu..rasanya jadi lebih enak dan lebih berasa kacangnya)

Cara membuat:

Kulit:
1. Campur bahan biang ke dalam tepung ketan. Masukkan pula garam. Aduk rata.

2. Tuangi adonan dengan air dan air gula bergantian, sedikit-sedikit sambil diuleni dnegan tangan.

3. Uleni terus hingga adonan kalis di tangan dan dapat dibentuk.

4. Adonan dibagi dua atau tiga sesuai selera. Yang satu biarkan putih, yang lain beri warna.(saya pakai pewarna merah dan hijau, tapi gak usah pake juga gpp coz setelah ditabur kacang &sagu, warnanya jadi gak keliatan kooq)



Adonan mochi sebelum dibentuk bulat kecil kecil

5. Ambil adonan sebanyak yang diinginkan untuk besar kue. Pipihkan, lalu isi dengan bahan isi. Tutup kembali dan bentuk bulat. Kerjakan hingga adonan putih dan warna lain habis.

Aghnat bantuin bulet-buletin adonan kulit mochi

6. Rebus air hingga mendidih. Masukkan bulatan-bulatan adonan dan biarkan mengapung. Angkat lalu celupkan ke dalam air dingin matang. Angkat dan tiriskan.

Kue mochi yang sudah direbus

7.Gulingkan ke dalam tepung tapioka atau pilihan taburan lainnya.


Taraaa.. kue mochi nya dah jadi.. penampakannya tidak menggiurkan yaah!Padahal dah dikasih daun boleh motek! hahahha.. Tapi rasanya beneran enak kooq! *menghibur diri*

Akhirnya jadi juga deh kue mochi nya. Semuanya bilang enaaak, kecuali Aghnat coz Aghnat gak mau makan kue mochi nya, padahal pas bikinnya paling semangat!huhuhuuhu. Ntar saya mau nyobain lagi ah bikin kue mochi, tapi mau nyoba resep yang di kukus. Mau tau beda nya kaya gimana..

Yuuuks bikin kue mochi..