44

Kisah Sepotong Mochi

Horee…..

Minggu kemaren saya bikin kue mochi.. Gegaranya pas hari minggu pagi kan saya jalan-jalan ke Cibodas sama Aghnat, Abi dan Fatma (adiknya si abi).. eh disana ngeliat banyak yang jual mochi.. Duh ngiler banget deh pengen makan mochi! Ya udah lah terus saya beli deh kue mochi itu 4 keranjang, harganya 12 ribu. Dah rada curiga sih pas beli, kenapa pas saya pegang koq enteng banget kaya gak ada isinya. Tapi kata adek yang jualnya, emang isinya cuma sedikit, 1 keranjang cuma isi 5 biji aja. Yo wes lah,saya bawa aja tuh mochi masuk mobil.

Pas di mobil, saya langsung buka deh secara dah ngidam berat makan kue mochi… eh pas dibuka, ampuuun deh itu buletan mochi meni segede-gede upil (bukan upil gw looh tapi upilnya emaknya rafaa! hahahaha). Jadi itu mochi meni kecil pisan, sama kelereng aja kayaknya lebih gedean kelereng deeeh, dan dalemnya gak ada isi kacang nya, dah gitu rasaanya horor banget.. kaya rasa ingus!!! hiiiy *sumpee akyu belum nyobain ingus*

Duh nyebelin banget..dah ngidam makan mochi to the max, eh akhirnya cuma nyobain ingus eh mochi rasa ingus! hiks hiks
Duh kenapa sih para pembuat mochi itu gak bikin mochi yang bener gitu (kayak Mochi Sukabumi yang rasanya enaaak banget, entah merk apa), jadi kan para pembeli gak bakal kecewa dan yang pasti bakal repeat order.. Kalau jual kayak gitu kan,saya yakin deh gak bakal deh ada yang mau beli mochi itu lagiiiiii! huh

Akhirnya sepanjang jalan saya gugling deh resep mochi sukabumi, dan berniat di rumah mau bikin ajah, daripada ngeces terus kepengen mochi tapi gak kesampean..
Sampe rumah, tadinya mau langsung bikin, tapi apa daya malah saya mual dan muntah-muntah (duuuh segitu nya gegara gak kesampean makan mochi, langsung deh dedek cacing di perut bereaksi), jadi saya gogoleran dulu di kasur sambil ileran tiduran..

Bangun tidur dah sore aja, padahal sebentar lagi Fatma dah mau pulang ke Jogja. Padahal kan dia juga kepengen nyobain mochi hasil karya saya. Ya udah deh langsung saya ke warung belanja bahan-bahan buat mochi. Bahan-bahannya sih gampang cuma tepung ketan, tepung sagu, gula sama kacang.

Dari hasil gugling di internet ternyata ada banyak cara buat bikin mochi, ada yang direbus, di kukus sama pake microve. Saya pilih yang direbus, karna kayaknya lebih simpel..
Ini dia resep kue mochi (resep nyolong dari sini)

Bahan Biang:
1 sdm tepung sagu
2 sdm air
Aduk di atas api sampai mengental

Bahan kulit:
200 gr tepung ketan (sebaiknya yang baru ditumbuk)
175 ml air
garam sesuai selera

pewarna makanan

Rebus:
75 gr gula pasir campur yang dicampur dengan 25 ml air dan bubuhi sedikit vanili. (kayaknya gulanya kurang tuh coz menurut saya kurang manis, kalo suka yang lebih manis kayak saya
, gulanya ditambahin aja yaah)

Bahan isi/filling:
100 gr kacang tanah, sangan
Gula putih atau gula merah, sesuai selera
Garam, sesuai selera
(saya pake enting-enting kacang aja, coz lebih praktis tinggal dihalusin aja enting-enting nya..belinya di Indom**et, harganya 6500)

Bahan taburan:
(Pilihan bisa bermacam-macam, sesuai selera. Bisa:
1. Tepung tapioka
2. Biji wijen yang telah disangan, atau
3. Kacang tanah yang sudah disangan lalu ditumbuk kasar
4. dll, sesuai selera
(karna pas saya cobain kulitnya kurang manis, jadi saya tabur pake enting-enting halus, trus baru kemudian di tabur lagi pakai tepung sagu..rasanya jadi lebih enak dan lebih berasa kacangnya)

Cara membuat:

Kulit:
1. Campur bahan biang ke dalam tepung ketan. Masukkan pula garam. Aduk rata.

2. Tuangi adonan dengan air dan air gula bergantian, sedikit-sedikit sambil diuleni dnegan tangan.

3. Uleni terus hingga adonan kalis di tangan dan dapat dibentuk.

4. Adonan dibagi dua atau tiga sesuai selera. Yang satu biarkan putih, yang lain beri warna.(saya pakai pewarna merah dan hijau, tapi gak usah pake juga gpp coz setelah ditabur kacang &sagu, warnanya jadi gak keliatan kooq)



Adonan mochi sebelum dibentuk bulat kecil kecil

5. Ambil adonan sebanyak yang diinginkan untuk besar kue. Pipihkan, lalu isi dengan bahan isi. Tutup kembali dan bentuk bulat. Kerjakan hingga adonan putih dan warna lain habis.

Aghnat bantuin bulet-buletin adonan kulit mochi

6. Rebus air hingga mendidih. Masukkan bulatan-bulatan adonan dan biarkan mengapung. Angkat lalu celupkan ke dalam air dingin matang. Angkat dan tiriskan.

Kue mochi yang sudah direbus

7.Gulingkan ke dalam tepung tapioka atau pilihan taburan lainnya.


Taraaa.. kue mochi nya dah jadi.. penampakannya tidak menggiurkan yaah!Padahal dah dikasih daun boleh motek! hahahha.. Tapi rasanya beneran enak kooq! *menghibur diri*

Akhirnya jadi juga deh kue mochi nya. Semuanya bilang enaaak, kecuali Aghnat coz Aghnat gak mau makan kue mochi nya, padahal pas bikinnya paling semangat!huhuhuuhu. Ntar saya mau nyobain lagi ah bikin kue mochi, tapi mau nyoba resep yang di kukus. Mau tau beda nya kaya gimana..

Yuuuks bikin kue mochi..